Penumpang Disarankan Tak Lepas Sepatu di Pesawat, Mengapa?

INIKEPRI.COM – Ada sebuah saran yang diberikan untuk penumpang saat naik pesawat, yaitu: jangan melepas sepatu.

Melansir Travel Leisure, Kamis (28/4/2022) secara umum, kabin pesawat tidak terlalu bersih. Sehingga traveler disarankan untuk menjaga kebersihan dengan tak melepas sepatu.

“Kabin dibersihkan sebelum setiap penerbangan, tetapi itu akan lebih asal asalan saat hanya ada waktu 15 sampai 20 menit untuk menyelesaikannya,” kata seorang pilot bernama Patrick Smith dari Ask the Pilot kepada Travel+Leisure.

Hal itu berarti pembersihan kabin mungkin membuang sampah yang tertinggal di saku sandaran kursi atau dengan cepat menyeka permukaan yang sering disentuh, misalnya gagang pintu toilet.

Pesawat memang akan melalui pembersihan yang mendalam, namun tak terlalu sering. Frekuensinya bervariasi tergantung dari maskapai. Biasanya, pembersihan mendalam dilakukan setiap empat hingga enam minggu sekali.

Di luar pembersihan mendalam tersebut, karpet biasanya hanya disedot jika ada waktu yang memungkinkan dan pembersihan dilakukan di tempat yang diperlukan. Saat sesuatu mengotorinya seperti makanan atau minuman, maka petugas kebersihan akan menghilangkan noda akan tetapi tidak serta merata mendisinfeksi area dimana kuman menyebar.

“Mereka yang memutuskan bertelanjang kaki mungkin terkena bakteri dan virus yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka. Demikian juga kekhawatiran terkena infeksi jamur juga selalu ada,” kata pemilik SyQuest USA yang memproduksi produk pembersih untuk pesawat, David Crause.

Lalu, mengenai cairan di lantai toilet, pramugari tidak diharuskan membersihkan di tengah penerbangan. Namun, di luar itu semua, untungnya rutinitas pembersihan pesawat sudah sedikit berubah akibat pandemi COVID-19.

“Diperkenalkannya COVID-19 telah memengaruhi cara kami membersihkan pesawat,” kata Krause.

“Lebih banyak disinfektan sekarang digunakan di lantai dan proses pembersihan sedikit lebih rinci dalam upaya memastikan tak ada jejak virus yang berpotensi menginfeksi awak atau penumpang,” tambah Krause.

Namun ada yang mengatakan bahwa saat perjalanan kembali normal, tak heran jika protokol pembersihan pesawat akan kembali seperti kebiasaan lama. Bagaimana menurut traveler? (RP/DETIK)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!