Awasi Kinerja OPD, Wabup Lingga Akan Libatkan Penegak Hukum, Media dan LSM

INIKEPRI.COM – Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengatakan, untuk mengawasi berbagai program yang telah dilakukan oleh Organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Lingga, dirinya tidak akan sungkan-sungkan untuk melibatkan berbagai pihak, baik itu aparat penegak hukum (APH), LSM atau Ormas, serta media dan berbagai pihak lainnya.

“Ini tentunya sebagai bentuk transparansi kami dalam mengelola pemerintahan, kita ingin peran serta semua pihak, agar program-program yang terlaksana tepat sasaran, dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, sehingga pengawasan ekstra sangat perlu kita tingkatkan,” katanya, Rabu 10 Agustus 2022.

BACA JUGA:

Neko: 120 Ribu Lebih Nelayan di Kepri Butuh Kepastian BBM Bersubsidi

Soal Penunjukan dan Pelantikan OPD di Lingga, Wabup Neko: Saya Tidak Dilibatkan

Kewenangan sebagai Wakil Bupati, jelas dia, sesuai yang tertera dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, adalah melakukan pengawasan dan memastikan kinerja dari pemerintah daerah agar benar-benar berjalan dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak.

“Kita akui saat ini kondisi ekonomi di kabupaten kita, mengalami penurunan di tengah gempuran ekonomi global, berbagai persoalan yang dihadapi seharusnya OPD bekerja lebih maksimal lagi dan mengutamakan kepentingan masyarakat banyak,” katanya.

Dalam beberapa informasi yang diperoleh, dirinya mendapati beberapa temuan-temuan di lapangan tentang penyelenggaraan kegiatan yang tidak sesuai yang diharapkan.

Bahkan dirinya mendapat kabar, ada oknum-oknum OPD yang mencoba bermain-main dengan kegiatan yang ada di OPD nya untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Ini tentunya harus kami cek kebenarannya, dan nanti kita akan libatkan APH, teman-teman media, LSM dan Ormas, untuk ikut mengontrol dan akan kita publikasikan sejauh mana kinerja teman-teman OPD kita di lapangan,” jelasnya.

Persoalan ekonomi yang begitu komplit saat ini, seharusnya dapat menjadikan pelajaran bagi setiap pemerintah daerah, tidak terkecuali pemerintah Kabupaten Lingga.

Berbagai persoalan, tidak jalannya kapal, kelangkaan BBM dan berbagai kegiatan OPD yang terkesan hanya seremonial akan menjadi atensinya untuk meningkatkan pengawasan.

“Kita lihat sendiri persoalannya begitu banyak, tapi yang kami lihat di lapangan teman-teman di OPD hanya banyak membuat kegiatan seremonial, dan sangat jarang turun kelapangan untuk mencarikan solusi berbagai persoalan yang ada saat ini, untuk itu kita ajak semua pihak mengawasi karena ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat kita,” tuturnya. (MIZ)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!