Cicipi Sederet Kuliner Khas Anambas Kepulauan Riau Berikut Ini

INIKEPRI.COM – Kepulauan Anambas merupakan salah satu wilayah di Provinsi Kepulauan Riau dengan pusat pemerintahan di Tarempa.

Berada di bagian utara Pulau Siantan, berbatasan langsung dengan Laut Natuna Utara, kawasan ini memiliki bentang alam yang memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini sangat digemari oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

BACA JUGA :

Berkunjung ke Anambas? Jangan Lewatkan Ngopi di Cafe Ini

Selain itu, terdapat beberapa kuliner khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Anambas, diantaranya :

Luti Gendang

Luti adalah menu sarapan yang populer di Tarempa. Nama “Luti” berasal dari dialek Cina dari kata roti. Untuk isiannya, kata “Gendang” berasal dari kata “rendang” yang dalam bahasa Tarempa berarti “digoreng”.

Jika biasanya Anda makan roti goreng dengan isian manis, ada yang unik dari roti goreng ala Tarempa ini. Isian roti ini adalah ikan yang digoreng di atas sepotong roti menyerupai suwiran daging dengan tambahan bumbu.

Perpaduan antara roti lembut dan isian ikan menghasilkan cita rasa unik yang membuat mulut tidak bisa berhenti mengunyah. Luti Gendang biasanya disantap dengan secangkir kopi panas untuk melengkapi sarapan pagi.

Nasi Dagang

Menu masakan ini juga terkenal di Malaysia. Nasi Dagang adalah olahan nasi yang dimasak dengan santan dan dilumuri kuah kari. Aroma harum rempah dan kuping pedas menjadi kombinasi yang menggugah selera.

BACA JUGA :

Beberapa Hal Menarik Mengenai Air Terjun Temburun di Anambas

Nasi Dagang biasanya dimakan untuk sarapan pagi dan dapat ditemukan di banyak kafetaria. Harga nasi bungkus komersial juga sangat murah. Hanya untuk Rp. 3000 Anda bisa makan sebungkus nasi dengan rasa yang nikmat ini

Martabak Prata

Konon, kuliner yang satu ini dibawah oleh masyarakat dari Padang yang sedang merantau ke Anambas. Secara tampilan, Martabak Prata ini sama dengan Martabak Mesir.

Bedanya, martabak prata tidak menggunakan acar sebagai topping, melainkan menggunakan kuah kari kambing. Agar dapat dinikmati dengan lebih nikmat , martabak prata sebaiknya dimakan selagi masih panas.

BACA JUGA :

Fakta Menarik Kabupaten Anambas, Pulau Tropis Terbaik di Asia

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer