Gula Darah Terkendali Hindarkan Penderita Diabetes dari COVID-19

Batam, inikepri.com – Sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Cell Press mengkonfirmasi hubungan antara diabetes tipe 2 (T2D) dan risiko lebih besar infeksi COVID-19 yang lebih parah.

Pada catatan positif, para peneliti juga menemukan bahwa pasien T2D dengan gula darah terkontrol jauh lebih tahan terhadap COVID-19.

“Kami terkejut melihat hasil yang menguntungkan pada kelompok glukosa darah yang terkontrol dengan baik di antara pasien dengan COVID-19 dan diabetes tipe 2 yang sudah ada sebelumnya,” kata penulis senior studi Hongliang Li dari Universitas Wuhan.

“Mempertimbangkan bahwa orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi dengan kematian dan berbagai komplikasi, dan tidak ada obat khusus untuk COVID-19, temuan kami menunjukkan bahwa mengendalikan glukosa darah dengan baik dapat bertindak sebagai pendekatan tambahan yang efektif untuk meningkatkan prognosis pasien dengan COVID-19 dan diabetes yang sudah ada sebelumnya,” tambahnya.

Diabetes tipe 2 mempengaruhi lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia. Para peneliti melakukan studi kohort retrospektif yang berfokus pada lebih dari 7.000 kasus COVID-19 yang telah didokumentasikan dari 19 rumah sakit di seluruh Provinsi Hubei, China.

Dari COVID-19 kasus yang diperiksa untuk penelitian ini, 952 pasien memiliki T2D dan 6.385 pasien tidak. Di antara mereka yang menderita diabetes, 282 orang memiliki glukosa darah yang terkontrol dengan baik.

Analisis data menunjukkan bahwa pasien COVID-19 dan T2D memerlukan lebih banyak intervensi medis. Orang-orang ini juga memiliki tingkat kematian yang secara signifikan lebih tinggi.

Secara keseluruhan, pasien COVID-19 dengan gula darah yang terkontrol dengan baik lebih kecil kemungkinannya meninggal daripada mereka yang memiliki glukosa darah yang tidak terkontrol.

Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal akibat COVID-19 dan mengembangkan komplikasi yang lebih parah setelah infeksi.

Studi ini juga menekankan pentingnya mengontrol gula darah selama pandemi. Jika terinfeksi, pasien T2D harus memonitor kadar glukosa darahnya dengan cermat.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer