Jumat, 22 Januari 2021
log
2 Jan 2021
(ist)
(ist)

INIKEPRI.COM – Dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian, Nancy Dewi Yuliana mengatakan, konsumsi sayur dan rempah lokal dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Nancy mengaku, ada dua jenis makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh, yakni kecombrang dan daun jambu mete.

“Dua jenis makanan itu berpengaruh pada sistem imun tubuh, khususnya pada sel-sel yang berperan dalam menangkal patogen. Patogen adalah mikroorganisme parasit yang mampu menghasilkan berbagai jenis penyakit,” ungkap Nancy melansir laman IPB, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga: Minum Minyak Kayu Putih Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya

Dia menyebutkan, kedua rempah itu bisa meningkatkan imun tubuh berdasarkan sifat fungsional dan aktivitasnya. Pada akhirnya, kedua jenis makanan tersebut bisa menghambar replikasi virus Covid-19.

“Hampir semua senyawa dalam kecombrang dan daun jambu mete dapat menghambat replikasi virus Covid-19,” ungkap Nancy.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Faktultas Ekologi Manusia IPB, Ikeu Tanziha mengatakan, pemberian edukasi terkait pencegahan penularan merupakan hal yang terpenting dalam memberantas rantai Covid-19.

Dengan memberikan edukasi atau pengetahuan, maka perilaku masyarakat akan berubah dengan sendirinya dalam menanggapi pandemi Covid-19.

“Hal tersebut amat krusial mengingat libur akhir tahun, sehingga risiko penularan amat tinggi,” jelas dia.

Minyak Ikan Menjaga Kesehatan Tubuh

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB, Sugeng Heri Suseno menyebutkan, kandungan EPA dan DHA dalam minyak ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Penggunaan minyak ikan sebagai suplemen kesehatan di Indonesia sendiri tergolong masih rendah. Suplemen kesehatan dari minyak ikan lebih banyak diimpor dari pada diolah sendiri di Indonesia.

“Padahal kandungan omega 3 pada ikan sarden Indonesia tergolong tinggi. Lebih tinggi daripada ikan salmon liar,” jelas Sugeng.

Seharusnya, lanjut Sugeng, industri budidaya bisa segera memanfaatkan potensi tersebut, dengan mengoptimalisasikan produk hasil perikanan tangkap.

Kandungan omega 3 pada ekor dan jeroan lebih tinggi dari pada bagian tubuh ikan lainnya.

Baca Juga: Ini 7 Gejala yang Dikaitkan dengan Varian Baru Virus Corona

“Pengusaha juga perlu memperhatikan kualitas minyak ikan yang diolah agar dapat bersaing dengan negara tetangga,” pungkasnya. (RWH/Kompas)

5 1 vote
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x