Jumat, 15 Januari 2021
log
Ikuti Kami di :
7 Jan 2021
(Kemesos.go.id)
(Kemesos.go.id)

INIKEPRI.COM – Pemerintah pada tahun 2021 ini terus memberikan program bantuan sosial (Bansos), salah satu bantuannya adalah diperuntukan bagi para pemilik kartu Indonesia Sehat (KIS) yang tercantum di dtks.kemensos.go.id.

Baca Juga: Cair Besok, Ini Cara Cek Penerima Bansos Rp 300.000

Penyaluran bansos Rp300 ribu ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2021.

Dalam penyaluran bansos Rp300 ribu ini, Presiden sudah mewanti-wanti kepada jajarannya supaya jangan sampai ada pemotongan.

Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Tahun 2021 Segera Dibuka, Ini Syaratnya

“Presiden sudah mewanti-wanti tidak ada pemotongan dana bansos, termasuk biaya transaksi di bank tidak ada. Begitu uang masuk ke bank harus segera dimasukkan ke rekening mereka yang berhak dan diberitahu supaya segera diambil,”tutur Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Terkait penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia sebagai pemegang amanah dalam program bantuan ini.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Cair, Ini Cara Ceknya

PT Pos Indonesia (Persero) juga sudah siap melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemensos tahun ini, yakni sebesar Rp12 triliun dan per orang akan mendapatkan Rp300 ribu.

Perlu diketahui bahwa Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan program bantuan sosial berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sesuai dengan Undang-Undang 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin Pasal 11 (2) yang menyebutkan, Data Terpadu yang telah ditetapkan menjadi dasar bagi pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan bantuan dan atau pemberdayaan sosial.

Adapun program bantuan sosial yang sudah menggunakan DTKS, diantaranya program Sembako, PKH dan PBI-JK.

Baca Juga: Emak-Emak Dapat BLT Rp200.000, Ini Kriterianya

Bansos kali ini pemilik Kartu KIS mendapatkan bantuan sebagai penerima bantuan iuran PBI.

Para penerima bantuan yang memiliki kartu KIS ini adalah mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Adapun para pemilik kartu KIS bisa cek terdaftar atau tidaknya sebagai penerima bansos Rp300 bisa mengakses laman dtks.kemensos.go.id. (RWH/FixIndonesia)

4.3 3 votes
Article Rating
Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Batam

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x