Mulai 1 Maret PPLN Karantina 3 Hari, 14 Maret Bebas Masuk Bali

INIKEPRI.COM – Masa pandemi COVID-19 di Indonesia akan segera berakhir. Pemerintah akan memberlakukan karantina selama tiga hari bagi seluruh pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Indonesia mulai Selasa 1 Maret 2022.

Pemerintah juga melakukan uji coba PPLN bebas masuk Bali tanpa karantina mulai 14 Maret 2022.

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan keputusan itu berdasarkan masukan dari para pakar dan menganalisis pelbagai data soal COVID-19 di Indonesia. Namun pemerintah mensyaratkan PPLN itu harus melakukan vaksinasi COVID-19 lengkap dan booster.

“Pada 1 Maret mendatang pemerintah akan memberlakukan karantina 3 hari bagi PPLN yang sudah vaksinasi lengkap dan booster,” kata Luhut, Minggu 27 Februari 2022.

Menurut Luhut, alur masuknya PPLN ketika hendak menjalani karantina selama tiga hari. Di antaranya mereka harus menunjukkan pembayaran booking hotel selama 4 hari dan menunjukkan sudah melakukan booster vaksin corona.

”PPLN juga harus melakukan entri PCR tes dan menunggu di kamar hotel sambil menunggu hasil tes negatif keluar. PPLN kembali melakukan pcr tes di hari ketiga,” katanya.

Tak hanya itu, Luhut juga mengatakan pemerintah akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang datang ke Bali pada 14 Maret 2022 mendatang. Namun, pemberlakuan itu nantinya akan diatur beberapa persyaratan oleh pemerintah.

“Bisa saja 14 maret bisa cepat jika seminggu ke depan angka membaik. Karena di Bali kami melihat beberapa minggu terakhir angkanya membaik,” kata dia. (DI/MINEWS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!