Mengenal Cacar Monyet, Penyakit Menular Bisa Lewat Hubungan Seks

INIKEPRI.COM – Belum usai penyakit COVID-19 ditambah dengan hepatitis akut, kini muncul kembali penyakit menular lainnya yakni monkeypox (cacar monyet) yang bisa berasal dari hewan.

Namun di Indonesia memang penyakit itu diketahui belum ada kasusnya. Namun sejumlah negara sudah mendeteksi adanya kasus cacar monyet, di antaranya Kanada, Amerika Serikat (AS), Inggris, Portugal, Spanyol, dan Singapura.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendapatkan laporan penyakit cacar monyet pada 7 Mei 2022. Dikutip dari laman who.it, dalam laporan disebutkan bahwa kasus cacar monyet terkonfirmasi pada seseorang yang melakukan perjalanan dari Inggris ke Nigeria sejak akhir April hingga awal Mei 2022.

Tak hanya itu, penyakit ini bisa menular antar manusia saat berhubungan seks atau kontak dekat.

Berdasarkan informasi European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC), sudah ada kasus bermunculan di Portugal dan Inggris. Ada setidaknya tujuh kasus di Inggris dan lima kasus di Portugal. Ada juga 20 kasus suspek di Portugal. Kasus yang tercatat sejauh ini menimpa laki-laki muda. Dan ada delapan suspek di Spanyol.

“Monkeypox (cacar monyet) adalah penyakit menular. Tranmisi antara manusia dapat terjadi melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau manusia, atau dengan zat tubuh manusia yang mengandung virusnya. Penularan antar manusia seringnya terjadi lewat droplet pernapasan yang besar,” tulis ECDC, dikutip Jumat 20 Mei 2022.

Turut dijelaskan bahwa droplet tidak bisa menular jarak jauh, sehingga penularan via droplet butuh tatap muka yang panjang. Penularan juga bisa terjadi via cairan-cairan tubuh, luka, dan kontak tak langsung dengan luka tersebut.

Beberapa kasus terkini dari laki-laki gay yang tertular muncul luka cacar di bagian kelamin. Monkeypox ini awalnya mirip cacar air atau sipilis, sebelum membentuk scab, dan akhirnya lepas.

Bedanya dengan sipilis adalah kasus cacar monyet punya masa inkubasi hingga 21 hari. Penyakit ini dinyatakan tidak lagi menular ketika scab di tubuh sudah terlepas.

Sejak 2018, ada tujuh kasus monkeypox di Inggris, terutama orang-orang yang punya riwayat perjalanan ke negara-negara endemi, seperti Afrika Barat dan Tengah. Namun, kasus terbaru ini tak punya riwayat perjalanan ke negara-negara tersebut.

Kapan Bisa Sembuh?

Penularan cacar monyet di antara manusia dinyatakan moderat. Salah satu caranya adalah melalui hubungan seks. Hal ini terjadi ketika kuliat bersentuhan dengan bagian yang terkena cacar monyet. Penularan ini diduga menjadi pemicu sejumlah pria gay tertular di Inggris.

Penularan melalui hubungan seks lantas sedang dianggap tinggi karena kasus yang terjadi baru-baru ini. Sementara, penularan jika tak saling dekat-dekat terbilang rendah.

Wilayah Uni Eropa masih belum tahu seluas apa penularan penyakit ini, namun solusi awal adalah melakukan tes kepada sejumlah individu dengan tanda-tanda medis penyakit ini.

Rekomendasi lainnya adalah memperluas tes bagi orang-orang yang punya banyak pasangan seks, kelompok gay, maupun orang yang baru melakukan hubungan seks secara kasual.

Tingkat kematian dari penyakit ini adalah 3,6 persen. Namun, bagi anak-anak, dewasa muda, dan individu yang punya masalah imun menghadapi risiko lebih tinggi. (RP/MINEWS)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!