Wako Rahma: Kios Sang Pencerah Muhammadiyah Bantu Sektor Ekonomi Masyarakat Tanjungpinang

INIKEPRI.COM – Wali Kota Tanjungpinang Rahma melakukan peletakan batu pertama pembangunan kios “Sang Pencerah” yang berada di samping Gedung Muhammadiyah, Jalan Raja Haji Fisabilillah Kilometer 8 Atas Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (19/6/2022).

Dalam sambutannya Rahma menyampaikan rasa bangga atas pembangunan kios sang pencerah, sebab ini merupakan perdana yang dilakukan Muhammadiyah di Tanjungpinang.

“Tentu ini menjadi kebanggaan kita di Tanjungpinang ada yang namanya kios yang nantinya kios Muhamadiyah, mudah-mudahan ini juga berkah seperti kebesaran Muhammadiyah di bidang pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan ini merupakan sebagai bukti peranan Muhammadiyah dalam membantu masyarakat di sektor ekonomi.

Hal ini sejalan dengan perintah dari pemerintah pusat untuk melakukan pemulihan ekonomi setelah dilanda pandemi COVID-19 dua tahun belakangan ini.

“Mudah-mudahan ini menjadi suatu bukti kesungguhan kita bersama-sama,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rahma juga menyampaikan komitmennya untuk melindungi usaha kecil menengah, dengan tidak memberi izin masuknya ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart.

Keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan jumlah swalayan di Tanjungpinang sudah mencapai 126 buah. Menurutnya, jumlah tersebut sudah mampu untuk melayani dengan baik 247 ribu warga Tanjungpinang.

“Saya sebagai wali kota bukan bermaksud menolak investasi, tapi lebih kepada pertimbangan persaingan usaha. Jumlah penduduk tidak bertambah, swalayan bertambah berarti akan mempengaruhi pengusaha kecil di daerah kami,” ujarnya.

Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad menyampaikan, Muhammadiyah saat ini ingin mengembangkan sektor ekonomi.

Karena sebelumnya Muhammadiyah sudah berjaya di sektor pendidikan dengan mengelola perguruan Muhammadiyah sebanyak 26 ribu dan perguruan tinggi sebanyak 170. Sektor kesehatan dengan mengelola 542 rumah sakit dan juga berjaya di bidang sosial.

“Tapi dunia ekonomi terus terang saja kita kurang. Oleh karena itu, seluruh jajaran kita baik pusat, wilayah, cabang dan ranting sedang berusaha bagaimana mengembangkan sektor ekonomi,” ujarnya.

Ia optimis perkembangan ekonomi akan terwujud dengan adanya pembangunan kios sang pencerah ini dan akan bermanfaat bukan hanya untuk Muhammadiyah tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Ini merupakan tugas kita bersama, semua yang hadir di sini merupakan yang bertanggungjawab terhadap penyelesaian, termasuk saya sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Tanjungpinang, Muchtar Suryadi menyampaikan, tujuan pembangunan ini untuk membantu pergerakan Muhammadiyah.

“Untuk itu kami merencanakan pembangunan kios ini untuk menopang kegiatan organisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, peletakan batu pertama ini menjadi sejarah dan mudah-mudahan jadi motivasi bagi Muhammadiyah dalam melakukan pergerakan. “Kios ini akan disewakan untuk umum nantinya,” ucapnya. (RP)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!