Belanja di Singapura Bisa Pakai Rupiah Mulai Tahun Depan

INIKEPRI.COM – Bank Indonesia (BI) telah menargetkan implementasi penuh Quick Response Code Indonesian standard atau QRIS dengan Singapura tahun depan.

Saat ini, Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) baru memulai inisiasi kerja sama.

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Filianingsih Hendarta mengungkapkan bahwa implementasi penuh akan dilakukan pada semester II-2023.

BACA JUGA:

TERBARU! Masuk ke Singapura Belum Vaksinasi Lengkap, Tak Harus Karantina

“Singapura segera akan masuk development dan piloting,” paparnya, Selasa (30/8/2022).

Adapun, implementasi QRIS antarnegara ini diharapkan dapat memfasiltasi pengguna dalam melakukan pembayaran ritel secara instan, aman, dan efisien.

Untuk di Singapura, BI mengungkapkan masyarakat hanya tinggal memindai kode QR NETS yang ditampilkan oleh merchants.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu menukarkan uang ke mata uang Singapura. Sumber dana yang didebit melalui pemindaian QR NETS milik Singapura merupakan dana dari akun rupiah.

Filianingsih mengaskan konektivitas pembayaran QRIS antarnegara ini akan memberdayakan individu dan bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan perdagangan lintas negara, e-commerce, dan transaksi keuangan lainnya secara efisien.

Selain itu, hal ini juga akan mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, seiring dengan kembali aktifnya arus perjalanan internasional.

Seperti diketahui, arus kunjungan antar kedua negara tercatat 1,9 juta pengunjung dari Singapura ke Indonesia dan 3,1 juta pengunjung dari Indonesia ke Singapura. (RP/CNBCINDONESIA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!