Israel Temukan Masjid Tertua di Dunia, Posisi Bangunan Menghadap Kabah

INIKEPRI.COM – Situs dari salah satu masjid tertua di dunia ditemukan di Rahat, Negev, Israel oleh para ahli sejarah.

Posisi situs bangunan kuno itu, menurut tim, menghadap ke arah Makkah, Arab Saudi, tempat Kabah berada.

BACA JUGA:

Arab Saudi Bagikan Foto Hajar Aswad yang Belum Pernah Dilihat

Pejabat dari Israel Antiquities Authority (IAA), mengutip Middle East Monitor, memperkirakan bahwa sisa-sisa bangunan masjid tersebut telah berusia lebih dari 1.200 tahun.

Sisa bangunan ini ditemukan selama pekerjaan untuk membangun lingkungan baru di Rahat. “Sisa bangunan berbentuk ruangan persegi dan dinding menghadap ke arah Makkah dengan ceruk setengah lingkaran di dinding itu mengarah ke selatan. Fitur arsitektur yang unik ini menunjukkan bahwa bangunan itu digunakan sebagai masjid,” demikian pernyataan IAA, dilansir dari CNBCINDONESIA.

Tak hanya itu, arkeolog Israel juga menemukan sebuah bangunan perkebunan mewah. Dalam bangunan tersebut, ada sisa-sisa peralatan makan dan artefak kaca yang menunjukkan kekayaan penghuninya. Situs ini berisi masjid lain, yang berasal dari abad ketujuh hingga kedelapan Masehi.

Nantinya, masjid-masjid yang digali di Rahat akan dipertahankan di lokasi mereka saat ini. Serta akan dijadikan sebagai monumen bersejarah atau sebagai tempat ibadah yang aktif. IAA juga yakin penemuan ini menyoroti transisi kawasan dari Kristen ke Islam.

“(Sisa-sisa bangunan) menunjukkan proses sejarah yang terjadi di Negev utara dengan pengenalan agama baru, agama Islam, termasuk penguasa dan budaya baru di wilayah tersebut. Bangunan ini didirikan secara bertahap, mewarisi pemerintah Bizantium sebelumnya dan agama Kristen yang memegang kekuasaan atas tanah ini selama ratusan tahun,” katanya. (DI/CNBCINDONESIA)

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img
spot_img

Berita Populer

error: Content is protected !!