Waspada Punya Perut Buncit! Dapat Sebabkan Serangan Jantung

INIKEPRI.COM – Bagi Anda yang mempunyai perut buncit harus tahu jika lemak yang ada di perut ini tidak sama dengan lemak di bagian tubuh lainnya seperti di tangan, pundak, punggung, pinggul dan kaki. Jenis lemaknya berbeda.

Lemak yang berada di bagian perut ini tidak hanya berjenis subkutan tetapi Visceral. Visceral sendiri merupakan jenis lwmak yang berada di rongga perut dan tidak bisa diraba.

Menurut dr. Rita Ramayulis Lemak ini bisa menyelubungi organ vital di dalam perut seperti hati, pankreas hingga usus. Sifatnya yang sangat reakfltif menjadikannya menstimulasi hormon insulin terus menerus.

BACA JUGA :

Peringatan Bagi Penyuka Minuman Bersoda, Potensi 10 Kali Lebih Kena Serangan Jantung

Apa yang akan terjadi? Hormon insulin akan mengalami resisten. Kektika hormon insulin ini resisten bisa menyebabkan sindrom metabolik yang dapat memicu serangan jantung atau stroke.

Untuk itu penting untuk mengetahui kondisi perut apakah masuk dalam kategori memiliki lemak Visceral atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. CT Scan

Pertama untuk mengetahui keadaan perut adalah dengan menggunakan Computerized Tomography Scanner atau CT Scan atau menggunakan Magnetic Resonance Imaging atau MRI. Tapi tentunya pengukuran ini lebih mahal tetapi hasilnya akurat.

  1. Pengukuran Body Composition Analyze

Cara lainnya adalah dengan pengukuran Body Composition Analyze. Alat ini biasanya tersedia di pusat kebugaran atau klinik ahli gizi. Pengukurannya berupa skala 1 hingga seterusnya. Perlu diwaspadai pada saat pengukuran melebihi angka 12.

Baca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

3,266FansSuka
1,349PengikutMengikuti
7,350PengikutMengikuti
481PengikutMengikuti
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Berita Populer